Thursday 3 November 2016

6 Hal Sepele Yang Sering di Acuhkan Oleh Programmer Web

Ketika Anda sebagai Web Developer membangun Aplikasi Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, pernahkah Anda terbayang bahwa ternyata ada beberapa hal yang sering kali Anda lupakan meskipun kelihatan sangat sepele? Ya, biasanya hal tersebut terjadi karena tidak adanya pola pengembangan yang teratur, sehingga mengakibatkan tampilan Aplikasi Web yang dihasilkan pun menjadi tidak standar.



1. alert("Isi pesan");

Siapa yang tidak tahu dengan syntax diatas ? Ya, kebanyakan pemula pun sudah tahu apa fungsi syntax diatas. Ketika kode Javascript itu dijalankan, maka Anda akan melihat sebuah kotak dialog yang cukup membosankan dan boleh dibilang sudah lumayan jadul. Apalagi penggunaan kotak dialog seperti itu digunakan pada Web - Web yang memiliki tampilan relatif bagus. Artinya? Sangat kontradiktif antara tema Aplikasi Web yang bagus dengan tema kotak dialog yang bisa membuat Visitors jenuh.

2. Tidak Konsisten Antara Halaman Satu Dengan Halaman Lain.

Mengabaikan pemakaian jenis dan ukuran huruf di sebuah halaman. Contoh, di halaman List menggunakan huruf Verdana, sementara di halaman View menggunakan huruf Arial, di halaman lainnya lain lagi. Bahkan, ukuran huruf pun tidak konsisten di antara halaman yang satu dengan di halaman lainnya.

3. Copy / Paste tanpa Mempelajari Terlebih Dahulu

Beberapa diantara kita pernah mencari syntax dari Internet untuk menghasilkan program yang diinginkan. Mencoba terlebih dulu apabila cocok maka kita gunakan. Memang terlihat biasa saja bukan ? Tapi tahukah Anda, bahwa cara tersebut ternyata bisa mempersulit diri sendiri khususnya sebagai Web Developer. Mengapa? Karena ketika akan mengembangkan Web tersebut, kita mungkin sudah tidak ingat lagi dengan fitur-fitur apa saja yang sudah pernah ditambahkan di sana. Apalagi jika Anda mengembangkan beberapa Aplikasi Web sekaligus.
4. Lupa Waktu Beristirahat
Hal berikutnya yang sering kali dilupakan oleh Web Developer ketika bekerja adalah lupa untuk beristirahat atau terlalu nafsu mencari debug terhadap programmnya. Karena penasaran, maka mereka akan cenderung bertahan di tempat duduknya sampai berjam-jam lamanya, hanya untuk mencari tahu penyebab dari permasalahan tadi. 

Padahal, jika mereka mau berhenti sejenak, maka penyebab permasalahan tadi menjadi lebih mudah ditemukan. "Keras Kepala" untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang Anda alami tentu boleh-boleh saja, tapi lakukanlah dengan sewajarnya. Jangan berlebihan, karena semakin hal ini dilakukan berlebihan, semakin tertutup juga pikiran Anda untuk menemukan solusinya.
Hal ini juga kurang baik bagi kesehatan Anda, terutama di bagian mata. Selama Anda mencari Debug dan Anda kurang mengistirahatkan mata Anda, maka sudah pasti tahu sendiri akibatnya. Bobot tubuh Anda pun akan semakin berkurang, karena Anda terlalu fokus pada permasalahan project tanpa mempedulikan isi perut. 
5. Tidur Larut Malam
Karena terlalu fokus ingin menyelesaikan beberapa projectnya, akhirnya beberapa programmer pun lupa dengan waktu untuk beristirahat di malam hari. Sebagian besar dari mereka rela Begadang karena penasaran dengan project nya yang belum berjalan sesuai yang diharapkan. Mereka akan terus mencari dan mencari sampai ketemu. Sekilas, memang patut diacungi jempol. Tapi jika berlebihan dan melupakan waktu tidur Anda, tentu menjadi tidak baik.

Akhirnya tanpa disadari, mereka menjadi malas bergerak, Tidak semangat, Pikiran selalu tertuju pada projectnya, Terlalu lama memandang layar monitor. Ujung-ujungnya badan kita pun semakin kaku dan kurang bergerak. Duduk yang terlalu lama pun tidak baik karena akan berdampak buruk bagi fisik kita.
6. Kurangnya Berolahraga
Mungkin banyak diantara kita yang sedang mengejar DeadLine. Pikiran selalu tertuju kepada project yang tak kunjung selesai. Perasaan tertekan semakin bertambah karena terdapat beberapa Debug yang tak dapat diperbaiki. Ujung-ujungnya, olah raga pun tidak pernah dilakukan. Padahal seperti kita ketahui, istirahat dan olah raga yang cukup dapat membuat badan menjadi sehat dan fit, sehingga bekerja pun menjadi lebih semangat.
Mungkin di sela - sela Ngoding, kita dapat menyisipkan beberapa waktu untuk berolahraga. Semisal apabila bangun pagi hari, Anda tidak langung tertuju pada project. Anda lebih baik melakukan lari pagi atau olahraga ringan lainnya.

Apabila saran dari saya dapat Anda jalani dikehidupan Anda. Maka Hidup Anda pasti akan jauh lebih baik dan produktif. Waktu untuk istirahat pun lebih banyak. Anda bisa menikmati waktu luangnya dengan berolah raga, sehingga badan menjadi sehat, dan pikiran menjadi terbuka untuk berinovasi bekerja. Ide-ide cemerlang pun akan berdatangan dengan sendirinya.

referensi : ilmukomputer


Emoticon Emoticon