Monday 19 December 2016

Syntax Membalik Kata pada C++ || WapBlog21

Berhubung saya sendiri ada tugas akhir tahun, maka saya pun membuat program salah satunya yaitu program membalikkan kata. Semisal :
 - Saya menginput kata : Cumi
- Maka output yang keluar adalah : imuC

Cukup sederhana bukan ? Ya memang bisa di bilang mudah, tetapi dalam waktu mendesak, syntax tersebut mungkin tidak terfikirkan oleh kita . Oke langsung saja kita menuju codingan . Kali ini saya mengaplikasikan dalam bahasa pemrograman C++ dan dengan text editor Code Blocks.

Simak dan Pahami syntax tersebut !



Penjelasan :

  • Apa itu Void ?  
    • Di dalam C++, Fungsi void sering disebut juga prosedur . Disebut void karena fungsi tersebut tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut. Dan tidak adanya tipe data di dalam deklarasi fungsi. Sehingga void tidak akan menambah atau mengurangi inputan.
  • Apa itu Getch() ?
    • Perhatikan header tersebut . Fungsi getch() harus berada dalam header <conio.h>
    • Fungsinya hampir sama dengan break , untuk menahan proses yang sedang berjalan
    • getch merupakan kepanjangan dari "Get Character" dengan fungsi membaca inputan
  • Apa fungsi gets() ? 
    • Fungsinya yaitu untuk memasukan data bertipe karakter dan tidak dapat digunakan untuk memasukan data numerik(integer)
  • Mengapa menggunakan strlen ? Fungsi
    • Fungsi strlen() yang digunakan untuk menghitung panjang kata. Lalu di kombinasikan dengan perulangan. Semisal kita membuat Descending pada program dengan tipe data karakter.



Mungkin cukup disini penjelasan mengenai Membolak balik kata, kurang dan lebihnya saya mohon maaf . Disini saya hanya ingin berbagi saja karena memang berbagi itu indah :)
Jangan lupa untuk meng-share ke teman teman anda semua . 

Copas ? Sertakan Sumber dengan jelas !



Emoticon Emoticon